Ready Mix Atau Site Mix?

Ready mix atau site mix? ini adalah pertanyaan untuk anda yang sedang membangun suatu konstruksi baik itu rumah pribadi, gedung, jalan, dan lainnya. Kira-kira mana yang lebih unggul, efisien, dan efektif antara keduanya? ingin tahu? Yuk kita bahas.. check it out..

Sebelum kita lebih jauh membahas tentang ready mix dan site mix, silakan lihat portofolio pekerjaan kami di channel youtube kami:

Beton adalah salah satu bahan konstruksi yang paling banyak digunakan, dan terbuat dari tiga komponen dasar: air, agregat, dan semen Portland. Industri konstruksi menggunakan dua jenis utama, yang disebut beton ready mix (siap-pakai) dan beton yang dibuat di lokasi pembangunan. Memilih jenis yang tepat untuk suatu proyek sangat penting: kedua jenis tadi memiliki spesifikasi, kelebihan dan kekurangan masing-masing. Walaupun kedua jenis ini bagus digunakan dalam konstruksi beton, ada salah satu yang lebih menguntungkan dari pada yang lain tergantung pada kondisi proyek.

 

Ready Mix Atau Site Mix? Kenali Dahulu Apa Itu Ready Mix

Beton ready mix diproduksi di pabrik dan dikirim ke lokasi konstruksi dalam keadaan belum-dikeraskan dan belum terbentuk, masih dalam pengadukan, dan siap digunakan. Beton ready mix dijual berdasarkan volume, biasanya dinyatakan dalam meter kubik.

 

Baca juga: harga pasang plafon terjangkau, tenaga ahli, pemasangan cepat, detail, dan rapi

 

Ready Mix Atau Site Mix? Kenali Dahulu Apa Itu Site Mix

Beton site mix (beton buatan manual) adalah beton volumetrik yang disiapkan di lokasi konstruksi, sesuai namanya. Komponen beton dicampur dalam rasio tertentu untuk mendapatkan kekuatan yang diinginkan. Metode ini membutuhkan penggunaan rumus untuk menentukan jumlah bahan dan langkah-langkah untuk mendapatkan konsistensi yang diinginkan. Pekerja harus berhati-hati dan teliti dengan proporsi material untuk menghindari terjadinya masalah dalam kualitas beton.

Ready mix atau site mix? tergantung volume kubikasi pengecoran untuk menentukan mana yang lebih tepat dipakai
Pengecoran ready mix memakai teknologi mobil mixer dan pompa beton

 

Perbedaan Antara Beton Ready-Mix dan Site-Mixed

Kedua jenis beton ini dapat digunakan dalam proyek konstruksi, tetapi ready mix mungkin memiliki keunggulan yang signifikan dibanding beton buatan sendiri (site mix) tergantung pada kebutuhan proyek. Tabel berikut ini menjelaskan beberapa kelebihan dan kekurangan dari setiap jenis beton:

 

Faktor/Alasan Beton Ready Mix Beton buatan sendiri (site mix)
waktu Diantar sudah siap digunakan dan membutuhkan sedikit waktu Proses lebih lambat karena melewati beberapa tahapan, rumus, dan waktu pengaturan.
Peralatan Tak butuh peralatan Membutuhkan mixer timbang portabel atau dengan membutuhkan banyak tenaga manusia
Distribusi Dapat dikirim ke beberapa tempat dalam suatu proyek Harus dicampur pada waktu penggunaan yang tepat, untuk menghindari kontaminasi
pengaplikasian yang direkomendasikan Struktur tingkat tinggi Struktur tingkat rendah
Persyaratan Penyimpanan Tidak membutuhkan ruang penyimpanan tambahan untuk bahan baku Membutuhkan ruang penyimpanan yang terkontrol, untuk mengelola dan melindungi bahan-bahan seperti semen dan agregat
Limbah Limbah material di lokasi sangat minim Ada beberapa kerugian material selama penyimpanan dan pencampuran
Tenaga kerja Tenaga kerja terampil diperlukan hanya untuk menuangkan dan memadatkan beton. Membutuhkan lebih banyak jam kerja untuk menyiapkan beton di lokasi proyek.
Pengadaan material Beton dapat dihitung sekaligus Bahan-bahan harus diperkirakan secara individual, dan pembeliannya harus direncanakan secara terpisah.
Tempat Membutuhkan akses yang sesuai untuk truk mixer beton Membutuhkan ruang untuk penyimpanan material dan mixer batch.
Ukuran batching Beton dalam jumlah besar dapat dikirimkan. Mencampur beton dalam jumlah besar di tempat menjadi sulit.
Jika pabrik batching terletak sangat jauh dari lokasi konstruksi, beton akan membutuhkan retardants dan campuran lain untuk mencegah masalah. Biaya transportasi akan meningkat, mungkin ada masalah kualitas. Membutuhkan transportasi semua bahan dan peralatan pencampuran ke lokasi konstruksi.

 

Penggunaan Ready Mix

Beton ready mix cenderung lebih baik untuk banyak proyek, meskipun biayanya lebih tinggi. Beton ready-mix menawarkan kualitas yang lebih tinggi, dan perbedaan kualitas sangat minimal ketika beton disiapkan di lingkungan pabrik. Faktor utama lainnya adalah lokasi proyek: persyaratan transportasi secara parsial menentukan jenis beton yang lebih cocok untuk suatu proyek.

 

Baca juga: harga pasang plafon terjangkau, tenaga ahli, pemasangan cepat, detail, dan rapi

 

Beton ready-mix biasanya direkomendasikan untuk proyek besar yang membutuhkan volume tinggi. Sedangkan beton site mix atau beton yang dibuat di lokasi pembangunan adalah pilihan yang lebih baik untuk proyek kecil dan renovasi, di mana volume beton yang dibutuhkan lebih kecil. Namun sekarang ready mix mudah didapat oleh anda karena sudah dijual secara retail.

 

Ready Mix Atau Site Mix? Apapun Itu Silakan Hubungi Kami Untuk Pengecoran Terbaik Anda

Kami sebagai pusat penjualan dan distributor online hadir untuk memberikan harga ready mix yang kompetitif dan siap menyuplai beton untuk berbagai konstruksi anda; pengecoran jalan, gedung, kolam renang, pabrik, gudang, dak rumah, tembok, dan konstruksi lainnya. Silakan hubungi kami untuk info lebih lanjut terkait pengecoran beton di tombol WA atau di halaman kontak kami.

Video Proyek yang Kami Kerjakan

Lokasi Kami:

Lokasi wilayah Bandung Raya

klik icon di atas untuk petunjuk arah

Lokasi wilayah Bandung Raya

klik icon di atas untuk petunjuk arah

Lokasi wilayah lampung

klik icon di atas untuk petunjuk arah​

Stay Connected

More Updates

Produk & Jasa Bor Pile

BORED PILE Beranda / Produk & Jasa Konstruksi / Bored Pile JASA & PRODUK BOR PILE Bored Pile adalah proses pengeboran tanah untuk pembuatan pondasi

Read More »

Konstruksi Beton

Konstruksi Beton Beranda / Konstruksi Beton Beton Cor Pionir PIONIRBETON INDUSTRI merupakan salah satu anak perusahaan dari PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. Bersama dengan PT.

Read More »
error: Content is protected !!